China dan Taiwan Jor-joran Promosi ke Indonesia


JAKARTASelain Singapura,Malaysia danThailand, dua destinasi lain di wilayah Asia yakniChina danTaiwan juga jor-joran menggelar promosi untuk menarik minat wisatawan asalIndonesia untuk berkunjung ke negaranya, terutama menjelang hari libur Juni-Juli mendatang.Lihat saja apa yang dilakukan Dinas Pariwisata Hong Kong, Macau, Guangzhou, Zhongshan, Jiangmen, serta Hongkong Tourism Tourism Board (HKTB), yang menggelar road show ke Jakarta, Rabu (11/5).

Selain ke Indonesia, mereka juga menggelar road show ke Singapura dan Malaysia, secara khusus untuk mempromosikan Pearl River Delta sebagai tujuan wisata tunggal.

Menurut Direktur Eksekutif Hongkong Tourism Tourism Board (HKTB) Anthony Lau,limakotadi China ini melakukan promosi bersama keIndonesiauntuk menjaring lebih banyak lagi wisatawan asalIndonesiake daerah-daerah tersebut. Faktanya, kunjungan wisatawan asalIndonesiake masing-masing daerah diChinaitu memang terus meningkat.

Selama kunjungan promosi ini,limamitra dinas pariwisata perkenalkan perjalanan multi tujuan dengan tema yang berbeda seperti temaTamanbermain dan situs bersejarah untuk segmen keluarga atau tur gourmet bagi pecinta makanan.

“Adajuga tema See them as They Appear in the Movie yang menyuguhkan daya tarik bagi pengunjung muda dalam mengeksplorasi obyek wisata yang unik dari Hong Kong,Guangzhou, Jiangmen.Macau dan Zhongsan dari perspektif yang berbeda-beda,” tambahnya.

Pihaknya optimis dengan pendekatan tematik jumlah kunjungan wisatawanIndonesiake Hongkong dan kota-kota lainnya di China akan meningkat terutama pada liburan sekolah Juni-Juli mendatang.

Sebelumnya, Taiwan Visitor Association bersama  biro pariwisataTaiwanmenggelar ‘Taiwan Travel Fair’ di Jakarta. Pameran ini diselenggarakan di MallCentral Park, lantai GF berlangsung selama dua  hari yaitu dari tanggal 7-8 Mei 2011. Sedangkan pada tanggal 6 Mei, bertempat di Hotel Nikko akan digelar pertemuan promosi wisataTaiwanyang turut mengundang media dan industri pariwisata lokal untuk lebih meningkatkan kerjasama.

Taiwan Travel Fair ini membawa 45 perwakilan yang terdiri dari 17 unit industri wisataTaiwan. Beberapa organisasi-organisasi swasta terkait, seperti pariwisata, perusahaan penerbangan, biro perjalanan, penginapan, dan pertunjukkan seni yang bakal memperkenalkan wisataTaiwan. Sekitar 16 biro perjalanan lokal pun turut berpartisipasi dalam pameran wisataTaiwanini.

Apa yang mereka tawarkan? Mereka antara lain memberikan kepada  pengunjung yang mendaftar kunjungan wisata keTaiwansaat pameran bakal memperoleh penawaran istimewa ‘100 gratis 100’. Promo tersebut berlaku bagi wisatawan yang jika usianya dijumlahkan akan mencapai 100 tahun atau lebih (termasuk diantaranya suami isteri), bakal memperoleh pemotongan biaya perjalanan sebanyak 100 dolar AS.

Mereka secara khusus membidik wisatawan Muslim, denga memberikan cuma-cuma panduan kuliner dan akomodasi bagi wisatawan muslim selama pameran. Pertunjukan dari grup MHD Diabolo, pesulap ternama Hsu Wen-mao dan manusia balon Li Sen-tang juga digelar memeriahkan acara sekaligus untuk memperkenalkan keunikan budayaTaiwankepada masyarakatIndonesia.

Pertanyaannya, bagaimana dengan promosi Indonesiake negara-negara ini?  (paip)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s