Berapa Usia dapat Disebut “Terlalu Tua” untuk Pesawat Terbang?



JAKARTA- Kebanyakan pelancong tidak berpikir dua kali tentang hal itu – walaupun ada sesuatu yang mengganggu ketika menemukan longgarnya kursi Anda dan menemukan sandaran tangan masih memiliki asbak disana. Tapi para penumpang mungkin lebih cemas dari biasanya setelah mengetahui ada lima lobang terbuka di bagian atap pesawat Southwest yang berusia 15 tahun, bulan ini. Southwest kemudian dengan cepat meng- grounded 79 dari Boeing 737 tua mereka untuk pemeriksaan.

Sebuah pesawat yang terawat bisa terbang selama beberapa dekade. Seperti dikutip AP, Rabu (13/4), pesawat yang lebih tua memang membutuhkan perbaikan lebih banyak, tetapi para ahli mengatakan usia pesawat tidak pernah menjadi penyebab kematian penumpang. Pelatihan pilot dan kelelahan, serta frekuensi perawatan pesawat, adalah isu keamanan yang dinilai lebih besar.

Rata-rata usia pesawat diterbangkan oleh maskapai penerbangan AS adalah 11 tahun, sedikit di atas rata-rata dunia 10 tahun. Di Venezuela usia pesawat bisa mencapai 28 tahun – paling tua dari negara manapun.

Secara teoritis, jet bisa terus terbang tanpa batas waktu selama perusahaan penerbangan merawatnya, kata Bill Voss, Presiden dan CEO dari Yayasan Keselamatan Penerbangan. Biaya, tentunya, pada akhirnya akan menjadi terlalu tinggi. Memutuskan kapan pesawat tidak lagi diterbangkan biasanya terkait masalah ekonomi dari perusahaan penerbangan individu.

Pesawat yang lebih tua memerlukan pemeriksaan lebih sering, dan perbaikan lebih besar dan lebih mahal. Itu berarti lebih sedikit waktu mengudara untuk membawa penumpang. Selain lebih murah untuk merawatnya, pesawat yang lebih baru menawarkan penghematan bahan bakar yang besar, dan penumpang menikmati fitur seperti TV pribadi.

“Pesawat menjadi tidak praktis dalam waktu yang lama sebelum mereka menjadi tidak aman,” kata Voss.

Hampir satu dari empat pesawat yang diterbangkan saat ini oleh maskapai penerbangan AS berusia lebih dari 15 tahun. Pemerintah memerlukan pemeriksaan lebih sering pesawat itu atau bagian-bagian tertentu dari pesawat yang semakin tua. Federal Aviation Administration tidak menetapkan usia wajib pensiun bagi pesawat.

Usia bukan satu-satunya faktor untuk aman. Setiap siklus lepas landas dan mendarat – dan bertekanan dan depressurization juga terkait dengannya – menambah tekanan pada kulit pesawat. Pesawat yang terbang pendek, rute sering melalui lebih dari siklus dari pesawat terbang jarak jauh. Pada tahun 1988, sebuah pesawat Aloha Airlines jenis Boeing 737-200 yang berusia 19 tahun, yang sering melakukan perjalanan pendek antara pulau-pulau Hawaii kehilangan sebagian besar atapnya. Korosi dan kelelahan logam yang menjadi penyebabnya.

Pada tanggal 1 April, sebuah Boeing 737-300 milik Southwest dengan 118 penumpang cepat hilang tekanan kabin hanya setelah lepas landas dari Phoenix setelah pesawat mengalami retak. Penumpang memasang masker oksigen saat pilot dengan cepat membawa pesawat ke ketinggian sebelum melakukan pendaratan darurat di sebuah pangkalan militer Arizona.

Tidak ada yang terluka parah. Saat insiden tersebut masih diselidiki, jet telah tertekan dan mengalami depressurized 39.000 kali selama 15 tahun dan diduga kelelahan logam (metal fatigue). Keretakan ini kemudian ditemukan di lima jet Southwest lainnya dengan lebih dari 30.000 siklus.

Hal ini menjadi kejutan bagi industri. Insinyur Boeing meramalkan bahwa pesawat tidak akan perlu diperiksa untuk masalah kelelahan logam sampai setidaknya 60.000 siklus

“Hal ini mengingatkan kita bahwa banyak yang kita tahu tentang struktur logam, dan ternyata kita belum tahu semuanya,” ujar Voss.

Terbang adalah bentuk paling aman angkutan umum. John M. Cox, seorang konsultan keselamatan penerbangan dan mantan pilot komersial, mengatakan regulator melakukan pekerjaan dengan baik untuk memastikan maskapai melakukan perawatan yang tepat.

Emily Kahn dari Portland, Oregon sekarang melakukan penelitian lebih lanjut sebelum pesanan penerbangan dan bersedia membayar lebih untuk model yang lebih baru dari pesawat.

“Ketika rak majalah di depan saya jatuh, itu bukan perasaan terbaik di dunia,” kata Kahn. “Itu membuat saya berpikir mereka tidak menghabiskan cukup waktu memeriksa pesawat ini.”

Dari 5.363 jet yang digunakan oleh maskapai penerbangan AS saat ini, hampir 1.300 bersuai lebih dari 15 tahun dan 235 dari mereka dibuat sebelum tahun 1988, tahun ketika pemerintah melarang merokok di penerbangan domestik.

Setidaknya satu situs, airfarewatchdog.com, minggu ini memberikan instruksi tentang bagaimana menemukan jenis pesawat yang terbaik dalam satu rute. “Jika Anda memiliki pilihan, mengapa tidak memilih dengan model yang lebih baru?” kata pendiri George Hobica.

Penumpang dapat memeriksa model pesawat dengan memasukkan nomor penerbangan di situs seperti flightaware.com dan flightstats.com. Perusahaan penerbangan juga biasanya memberikan informasi di situs web mereka. Namun, pesawat dapat diubah pada menit terakhir. Dan tidak ada dari situs yang menjelaskan sejarah usia atau pemeliharaan pesawat tertentu.

Beberapa perusahaan penerbangan memiliki armada jauh lebih muda daripada yang lain. Virgin Amerika, yang memulai layanan pada bulan Agustus 2007, adalah pesawat terbang yang rata-rata hanya 3,4 tahun. Allegiant Air, yang membeli MD-80 pernah diterbangkan oleh Aeromexico dan SAS Scandinavian Airlines, memiliki usia rata-rata armada 21,5 tahun.

Analis penerbangan Andy Golub mencatat bahwa Allegiant menggunakan jet yang digunakan untuk harga murah, yang berarti perusahaan telah banyak banyak uang.

“Mereka memiliki uang yang lebih dari cukup untuk memastikan bahwa pesawat mereka adalah luar biasa terpelihara,” kata Golub.

Bahkan di perusahaan penerbangan, akan ada perbedaan besar. Delta Air Lines memiliki armada usia rata-rata 16 tahun. Pesawat 737-700 rata-rata kurang dari dua tahun. Tetapi juga memiliki lebih dari 30 DC-9 yang bertahun 1970-an. Pesawat ini adalah pesawat penumpang komersial tertua yang diterbangkan saat ini oleh sebuah perusahaan penerbangan AS. Delta berencana untuk memensiunkan pesawat jenis itu tahun depan. []

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s