Hotel Brand Rankings 2011 Digerakkan oleh Hotel-hotel Ekonomi


JAKARTA- Pergerakan dalam ranking brand hotel tahun 2011 (Hotel Brand Rankings 2011) terutama didorong oleh pertumbuhan pada hotel-hotel ekonomi. Best Western, Ibis dan Mercure tetap di peringkat tiga besar, sementara Travelodge, Premier Inn dan Etap Hotel menjadi hotel dengan pertumbuhan tertinggi.

Dalam survei yang dilakukan MKG Hospitality, dan dipublikasikan pekan lalu, Best Western tetap menjadi brand nomor satu di Uni Eropa dengan lebih 89.000 kamar dan meningkat 2,4 persen, di bawahnya Ibis (71,500 kamar) dan  Mercure (53,000 kamar).

Diantara 10 besar, Travelodge mencatatkan rekor pertumbuhan tertinggi tahun ini dengan 58 properti baru dan pertumbuhan pasokan kamar lebih 11 persen- dibangun khususnya di Inggris. Juga khusus di Inggris, hotel milik grup Whitbread,  Premier Inn’s melakukan ekspansi agresif yang mampu menggeser Novotel.

Diantara brand ekonomi di Eropa catatan pertumbuhan yang baik adalah brand grup Accor, Etap Hotel, yang meneguhkan posisinya pada 10 besar dengan 16 properti baru dan pertumbuhan pasokan kamar 4,7 persen, B&B dengan 12 properti dan pertumbuhan 7,5 peren, Park In 13,1 persen, Sheraton 10,2 persen, Scandic 6,7 persen dan Radisson Blu 6,6 persen.

“Tahun 2010 menjadi tahun yang sulit. Merek yang mencapai pertumbuhan terbesar juga tengah membangun sejumlah proyek, seperti Carlson di Eropa (termasuk Rezidor Hotel Group, Park Plaza dan Radisson Edwardian), atau berada dalam proses restrukturisasi, seperti Accor, ” kata Direktur Pengembangan  MKG Hospitality Vanguelis Panayotis.

Sebanyak 27 negara Uni Eropa meliputi Austria, Belgia, Bulgaria, Siprus, Republik, Ceko Denmark, Estonia, Finlandia, Perancis, Jerman, Yunani, Hungaria, Irlandia, Italia, Latvia, Lithuania, Luxembourg, Malta, Belanda, Polandia, Portugal, Romania, Slovakia, Slovenia, Spanyol , Swedia, Inggris.

Peringkat dunia

Sementara itu, rilis yang dikeluarkan MKG Hospitality pada Juni 2010 mengenai pertumbuhan hotel dunia, disebutkan pada tahun 2010, mengesampingkan tantangan ekonomi global, pembangunan hotel terus berlanjut dengan 432.000 kamar baru yang dipasok di seluruh dunia, baik oleh kelompok hotel independent maupun grup.

Pasokan hotel internasional mencatatkan pertumbuhan 2,7 persen mencapai hampir 20 juta kamar yang terklasifikasi. Kebanyakan pertumbuhan ini disumbangkan oleh grup hotel saja meningkat 4,2 persen.

Menurut CEO MKG Group, Georges Panayotis dinamika yang terus berlanjut terjadi dengan 170.000 kamar baru di Amerika Utara dan 138.000 di Eropa, sebuah kenaikan masing-masing 3,1 persen dan 2,2 persen. Asia-Pasifik mengelola 98.000 kamar, dengan pertumbuhan 1,9 persen. Amerika Latin mendaftar 63.600 kamar baru (4,8 persen), Timur Tengah dan Afrika 52.700 kamar baru (4,2 persen).

Peringkat Hotel Dunia 2010 menunjukkan tidak banyak perubahan dari sebelumnya, kecuali Hilton pindah ke posisi ketiga dengan kenaikan pasokan kamar 8 persen, mendorong keluar Marriott International. Program waralaba Hilton di AS menjadi faktor pendorong.

Pertumbuhan tahun ini juga ditandai dengan konsolidasi sejumlah grup hotel. Groupe du Louvre (28,8 persen) dan NH Hoteles (18,6 persen), keduanya mengambil alih kelompok lain dan memperluas portofolio mereka masing-masing dengan Golden Tulip dan

Hesperia. Pertumbuhan pasokan kamar luar biasa juga datang dari Grup Mantra Australia-based (89,2 persen), 7 Days Group Holdings Limited (51,8 persen), Barcelo Hotel (+33,8 persen) dan Merrylin Manajemen Hotel (23,8 persen). (paip)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s