Taiwan Luncurkan Brand Baru “The Heart of Asia”, Maret Langsung Tancap Gas


JAKARTA Biro Pariwisata Taiwan secara resmi meluncurkan brand baru untuk promosi pariwisata Taiwan – “Taiwan- The Heart of Asia”, Februari ini. Menandai lahirnya brand baru, logo baru dan slogan baru ini,  diluncurkan juga lagu promosi pariwisata Taiwan dan video berdurasi 30 detik. Bahkan  tanpa  menunggu lama, pada Maret depan, mereka akan gencar melakukan kampanye publik di berbagai media internasional dan negara-negara lain.

Menurut Dirjen Biro Pariwisata Janice Seh-jen Lai pada saat peluncuran 11 Februari lalu, mereka akan melakukan promosi melalui iklan di CNN, BBC, Time, The Economist, Newsweek, dan Monocle, termasuk media-media di Jepang, Singapura, Hong Kong, Malaysia, dan negara lainnya.

Biro ini akan mempromosikan serial disain dengan tema “hati” (heart) sebagai simbol utama. Simbol itu diharapkan dapat menggambarkan seutuhnya Taiwan, dan dari sisi pasar akan mampu menjangkau pasar internasional, membuka era baru di Taiwan sebagai pulau yang menjadi destinasi wisata utama dunia.

Menteri Transportasi dan Komunikasi Taiwan Mao Chi-kuo yang melakukan peluncuran itu bersama pihak industri pariwisata, mengatakan logo baru ini menjadi babak baru pariwisata Taiwan yang mengadopsi visi baru rencana pengembangan promosi pariwisata Taiwan. Menurutnya, pariwisata akan menjadi kendaraan bagi berbagai sektor pembangunan seperti kesehatan, pertanian, industri hijau, yang akan memberikan mereka kesempatan besar untuk melakukan transformasi sumber daya mereka ke dalam produk-produk wisata.

“Logo baru itu juga akan membantu peningkatan profesionalisme pariwisata Taiwan, dengan tujuan meningkatkan kapasitas industri mereka untuk meningkatkan posisi Taiwan dalam industri pariwisata dunia,” katanya.

Menurut Janice Seh-jen Lai, dalam 10 tahun sejak 2001, Taiwan telah mempromosikan pariwisata di bawah slogan “Taiwan, Touch Your Heart”. Hal ini telah sukses mengantarkan pesan rakyat Taiwan yang bersahabat dan hangat kepada dunia, dan meningkatkan pariwisata Taiwan ke level baru.

Brand baru saat ini dihasilkan melalui masukan dan pemikiran para ahli di berbagai sektor kemasyarakatan sejak 2009. Dari berbagai alternative yang ada, akhirnya dipilih “Taiwan-The Heart of Asia”. Diantara dua logo, lama dan baru, merepresentasikan determinasi Taiwan dan dedikasi untuk menjadi destinasi wisata popular bagi wisatawan internasional.

Dikatakan, Taiwan merupakan sebuah fusi tradisi dengan trend baru. Karakteristik khusus dan diversitas menunjukkan dengan tepat sebuah mikrokosmos Asia. Hatinya Asia dan kehangatan Taiwan merupakan keinginan pariwisata Taiwan untuk menawarkan kepada wisatawan seluruh dunia. Masih dalam peluncuran logo baru ini, biro pariwisata Taiwan ini juga memperkenalkan lagu baru “Time for Taiwan”, untuk mempromosikan pariwisata.

Lagu itu, yang diciptakan Hou Chih-chien, dengan lirik Rei Kuang-hsia dan Hou Yi-ping, diluncurkan bersamaan dengan kartun promosi berdurasi 30 detik.

Wisatawan asing yang berkunjung ke Taiwan tahun 2010 lalu mencapai 5,57 juta orang, menurut data yang dikeluarkan Biro Pariwisata Taiwan, 11 Januari 2011 lalu. Wisatawan terbesar datang dari China sebanyak 1,63 juta; kemudian Jepang di posisi kedua sebanyak 1 juta orang; dan Malaysia 285.734 orang. Sukses strategi promosi dan pelayanan penerbangan dengan penerbangan murah diyakini menjadi alasan penting untuk semakin banyaknya wisatawan asal Malaysia ke pulau berpenduduk sekitar 23 juta jiwa itu (2005).

Bagaimana dengan Indonesia yang telah meluncurkan “Wonderful Indonesia” pada Januari lalu?(paip-1)

2 thoughts on “Taiwan Luncurkan Brand Baru “The Heart of Asia”, Maret Langsung Tancap Gas”

  1. Wonderful Indonesia”
    simple..semoga aja positioning nya dapet seperti punyanya thailand..

  2. indonesia kok sampai hari ini gak kedengeran ya kampanyenya… jangan sampai masuk angin tuh. nunggu anggaran???

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s