IATA: Tahun 2011, Keuntungan Airlines Diprediksi Minimal


KUALA LUMPUR- Walaupun harapan tahun 2011 akan terus memberikan keuntungan  bagi perusahaan penerbangan, namun peningkatan signifikan diyakini akan berkurang, hal itu antara lain terkait dengan tekanan harga bahan bakar.Mengutip temuan Airline Business Confidence Survey Januari, IATA mengatakan prospek untuk 12 bulan ke depan masih positif, walaupun permintaan pasokan dan tekanan atas biaya bahan bakar dapat memperlambat momentum untuk meningkatkan tingkat keuntungan.

Dalam sebuah pernyataan di Kuala Lumpur, pekan ini, IATA mengatakan tantangan kondisi permintaan-pasokan, dengan kapasitas dan meningkatnya persaingan pada rute utama, akan cenderung untuk memperlambat pertumbuhan pendapatan dan keuntungan.

Seperti dikutip Bernama, responden survei ini juga masih melaporkan kekhawatiran atas kecepatan dan ketahanan pemulihan ekonomi yang sedang berlangsung dan semakin waspada terhadap tekanan atas biaya bahan bakar.

“Sementara harapan pada titik lalu lintas ke ekspansi permintaan, tanggapan terhadap survei terbaru menunjukkan profitabilitas yang mungkin lebih kepada upaya stabilitas daripada meningkat,” kata IATA.

Dikatakan 46 persen dari chief financial officers (CFO) perusahaan penerbangan yang disurvei mengharapkan peningkatan laba selama 12 bulan ke depan dibandingkan dengan 60 persen dalam survei bulan Oktober.

Keyakinan permintaan perjalanan dan kargo tetap kuat dengan 77 persen mengharapkan peningkatan volume penumpang dan 60 persen mengharapkan volume kargo yang lebih tinggi, katanya.

IATA mengatakan temuan survei konsisten dengan perkiraan 9,1 miliar dolar AS laba untuk tahun ini, kondisi yang menurun dari proyeksi laba tahun 2010 sebesar 5,1 miliar dolar AS, karena biaya bahan bakar yang lebih tinggi. (paip-2)

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s