Tahun 2011, “Meeting Industry” Tumbuh 8 Persen, Pengeluaran 5 Persen


JUMLAH pertemuan internasional global diprediksi bertumbuh 8 persen, dengan peningkatan jumlah peserta 2 persen, dan pengeluaran per meeting (spend per meeting) meningkat 5 persen. Namun, lama pertemuan tidak mengalami peningkatan (0 persen) dari tahun sebelumnya, menurut  The FutureWatch 2011, studi yang dilakukan Meeting Professionals International (MPI) dan diumumkan pekan lalu.

“Setelah dua tahun yang penuh tantangan, meeting industry kembali menunjukkan kegairahannya, dengan pertumbuhan 8 persen,” kata Bruce MacMillan, presiden dan CEO MPI.“FutureWatch 2011 juga mengindikasikan tahun ini industri ini memasuki pertemuan virtual dan kolaborasi dengan media sosial yang akan menjadi arus utama. Berpikir ‘outside the room’ akan mendorong kinerja konektivitas menjadi sangat penting.”

Studi FutureWatch melibatkan lebih dari 450 professional industri di 20 negara dan dari 67 cabang MPI- membuatnya menjadi studi yang relevan untuk diaplikasikan bukan hanya bagi para anggota MPI, tapi juga bagi seluruh bisnis.

Tahun 2009 dan 2010 merupakan tahun yang menyulitkan bagi industri ini. Untuk keseluruhan peserta yang hadir dalam pertemuan mengalami penurunan 4 persen, namun bertumbuh menjadi 5 persen pada tahun 2010. Untuk planner budget pada tahun 2009 melorot sampai 9 persen,  dan pada 2010 menjadi -3 persen. Selain itu, jumlah pertemuan pada tahun 2009 bertumbuh minus (-9 persen), dan lama pertemuan minus (-3 persen).

Sementara pada tahun 2010, planner budget (-3 persen), dan pengeluaran per meeting (spend per meeting) bertumbuh minus (-1 persen).

Selain itu, data dan interview FutureWacth menunjukkan teknologi akan bergerak semakin menjadi arus utama yang sebelumnya dianggap sebagai ancaman.

Studi juga mendiskusikan bagaimana krisis keuangan global memaksa praktisi industri untuk menciptakan pertemuan-pertemuan yang berorientasi strategis untuk memperoleh keuntungan atas investasi.

Pembaca FutureWatch tidak hanya menemukan perbandingan angka dan trend data namun juga kutipan wawancara, link ke webinar, profil studi kasus dan ringkasan yang jelas dari proyeksi trend.

Studi ini membahas empat tren membuat pertemuan menjadi lebih strategis, diikuti oleh data secara mendalam pada krisis kolaborasi antara planners dan  suppliers, dan akhirnya menyampaikan lima bidang utama teknologi yang berdampak industri. (paip)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s