Happy New “Wonderful Indonesia” Year, Semoga “Wonderful” Juga Transparansinya


Oleh Pusat Analisis Informasi Pariwisata

JAKARTA Pariwisata Indonesia memiliki branding baru yang akan dipakai secara resmi 2011 yakni “Wonderful Indonesia”. Branding yang tentunya adalah nation branding-nya Indonesia ini, sebagai pengganti branding yang masih dipakai saat ini sejak tahun 2004 “Ultimate in Diversity”; sebuah branding yang ribet,  dan nyaris tak terdengar dan tak berpengaruh apa-apa bagi Indonesia dan pariwisata Indonesia akibat (seperti biasa) lemahnya strategi dan eksekusinya di lapangan.

Selain itu, Kemenbudpar juga telah menetapkan tema pariwisata 2011 yakni “Eco, Culture, and MICE”. Pemerintah mengklaim, kunjungan wisata pada 2010 mencapai 7 juta wisman. Seperti disampaikan Menbudpar Jero Wacik di sela-sela acara Malam Apresiasi Visit Indonesia Year (VIY) 2010 di Hotel Sahid Jaya Jakarta, Senin (27/12) malam, branding itu diharapkan mampu mendongkrak pariwisata Indonesia menyaingi negara lain.

“Kita targetkan tahun depan iklan ‘Wonderful Indonesia’ akan menyaingi ‘Truly Asia’ milik Malaysia. Bersama KADIN, kita akan mendorong biaya penayangan iklan ‘Wonderful Indonesia’ di sejumlah televisi asing,” kata Jero Wacik.

Masih kata Wacik, acara Malam Apresiasi Visit Indonesia Year di Hotel Sahid Jaya itu sekaligus sebagai evaluasi pelaksanaan VIY, namun sepanjang yang diikuti entah dimana letak evaluasinya. Apakah ini model basa-basi lain dari menteri yang sudah menjabat Menbudpar dalam dua periode sejak 2004 ini?

Seperti disebut tadi, pemilihan branding ini, “Wonderful Indonesia” memang sedikit lebih baik dari daripada yang sebelumnya. Bahwa ada harapan baru, tentu. Tapi kita harus kembali kepada kenyataan branding hanyalah sekadar kata-kata jika tidak cerdas dalam eksekusinya. Apalagi tantangan besar kita adalah bagaimana memastikan branding itu sejalan dengan reputasi Indonesia secara keseluruhan.

Reputasi yang buruk dari segala aspek saat ini dan ke depan justru akan kontrapoduktif dengan branding yang dipilih. Sebagai contoh bagaimana bangsa ini telah demikian luas memiliki reputasi buruk yang juga wonderful dalam bidang pemberantasan korupsi, aspek keamanan yang rawan dengan kekerasan dan terror, lemahnya penegakan hukum. Reputasi bangsa itu harus menjadi tantangan seluruh elemen untuk mengubahnya. Hal itu juga harus menjadi tugas berat Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata, setidaknya dengan menunjukkan sikap-sikap yang anti-korupsi, cinta damai dan konsisten dalam penegakan hukum. Karena Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata itu tidak lain adalah “PR”-nya bangsa ini ke dunia internasional.

Kalau dilihat, apa yang harus dilakukan Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata dengan “Wonderful Indonesia” memang masih sarat dengan tanda tanya. Kata menteri, iklan “Wonderful Indonesia” akan mulai digenjot di sejumlah media asing. Faktanya, iklan itu biayanya besar, dan setiap pengeluaran yang besar akan mengandung  godaan “penyelewenangan” yang besar juga. Bukankah dengan hanya mengandalkan iklan dalam promosi sebenarnya bukan strategi yang terlalu bisa diharapkan? Durasi yang terbatas apalagi tidak berkelanjutan hanya akan membuat iklan itu seperti menggarami samudera. Seharusnya paradigma promosi atau pemasaran hanya dengan iklan harus diubah dengan penggunaan multi strategi pemasaran. Masih banyak pilihan untuk berpromosi di samping iklan, kenapa tidak ditempuh?

Kita berharap “Wonderful Indonesia” juga diikuti dengan wonderful dalam transparansi penggunaan anggarannya. Wonderful juga dalam transparansi statistiknya. Wondeful juga dalam menunjukkan adanya perubahan budaya atau mentalitas kerja di insitusi Kemenbudpar. Wonderful dalam strategi dan pelaksanaannya. Wonderful juga dalam membangun kerja sama yang baik dengan semua pihak. Momentum perubahan branding ini sebaiknya jadi tonggak baru perubahan dalam segala hal. Ada pepatah mengatakan, ikan busuk ditutup-tutupi tetap akan tercium baunya.

Terakhir, kami sampaikan selamat untuk Kemenbudpar. Happy New ‘Wonderful Indonesia’ Year 2011! (paip)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s