Kapasitas Maspakai Global Meningkat 40 Persen



JAKARTA- Kapasitas maskapai global mengalami peningkatan 6 persen dari total jumlah tempat duduk (seats) bulan Desember ini. Di seluruh dunia, terdapat 311,7 juta tempat duduk yang tersedia pada bulan itu, menurut laporan OAG Frequency and Capacity Trend Statistics (FACTS), belum lama ini.

Selama 10 tahun terakhir, jumlah seats, di seluruh dunia, telah meningkat 40 persen, sedangkan frekuensi penerbangan meningkat 24 persen pada periode yang sama.

“Kepercayaan penumpang meningkat, bersamaan dengan pertumbuhan ekonomi dan sejumlah kawasan seperti Amerika dan Eropa, yang mencerminkan perbaikan dalam lingkungan ekonomi. Afrika, Asia Pasifik dan Timur Tengah semua terus menunjukkan kehausan besar untuk perjalanan udara,” kata Peter von Moltke, chief executive di UBM Aviation.

Pertumbuhan regional selama dekade terakhir termasuk peningkatan 130 persen kapasitas penerbangan, dan 140 persen peningkatan frekuensi dalam perjalanan ke dan dari Afrika; meningkat sebesar 176 persen dalam kapasitas, dan 188 persen pada frekuensi di Timur Tengah. Perjalanan ke dan dari Asia Pasifik tumbuh 88 persen dalam kapasitas, dan 109 persen pada frekuensi; sedangkan perjalanan ke dan dari Eropa tumbuh 72 persen dalam kapasitas dan 82 persen pada frekuensi.

Meskipun pertumbuhan Eropa selama dekade terakhir tidak cukup mengesankan seperti daerah lain di dunia, namun laporan itu menyebut perkembangannya cukup kuat.

Kapasitas tempat duduk dan frekuensi ke dan dari Eropa keduanya meningkat 11 persen pada bulan Desember, dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Jumlah kursi yang tersedia adalah 23,7 juta, atau meningkat sebesar 2,3 juta, tahun ke tahun, dengan 104.894 penerbangan (peningkatan 10.285).

Perkembangan ekonomi global terakhir ini memberikan dampak permintaan perjalanan udara di seluruh kawasan di dunia, dengan pengecualian perjalanan ke dan dari Amerika.

Peningkatan double-digit juga terjadi dalam kapasitas dari dank e Afrika (11 persen), Asia (12 persen), dan Timur Tengah (13 persen). Faktanya, semua kawasan menunjukkan peningkatan jumlah tempat duduk selama sepuluh tahun berturut-turut. (paip)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s