Survei: Media Sosial Semakin Penting bagi Bisnis Pariwisata


JAKARTA- Anda sedang menunggu jawaban dari seseorang? Jangan duduk di telepon. Hari-hari penantian itu cobalah berhubungan dengan mereka melalui media sosial. Menurut sebuah survei yang dilakukan Sheraton Hotels & Resorts yang disiarkan belum lama ini, 65 persen dari responden menggunakan media sosial untuk tetap berhubungan dengan keluarga, dan teman, meskipun sedang melakukan perjalanan. Lebih dari sepertiga (36 persen) mengatakan mereka lebih memilih untuk log on daripada melakukan percakapan melalui telepon untuk menyampaikan kabar baik.

Seperti dikutip Traveldailynews,  secara keseluruhan responden mengibaratkan media sosial sebagai udara dan air sebagai lambang betapa pentingnya hal itu bagi mereka. Empat perlima responden mengatakan mengakses situs media sosial setiap hari, dengan 39 persen menyebut “tidak dapat hidup tanpanya”. Sepertiga lagi menyebut mereka log in berkali-kali setiap jam, yang menunjukkan sangat jelas adanya perilaku yang berubah.

Survei ini dilakukan terhadap 4.204 orang melalui telepon di Amerika Serikat, Inggris dan China. Sheraton sendiri terakhir ini telah meluncurkan Link@Sheraton experienced with Microsoft, teknologi yang memungkinkan para pelaku perjalanan tetap terkoneksi selama 24 jam per hari di hampir 400 hotel di seluruh dunia.

Masih dari survei yang mereka lakukan itu, Anda juga didorong untuk berhati-hati dengan apa yang Anda post-kan. Percaya atau tidak, sebelum pertemuan kontak bisnis baru, lebih dari setengah yang disurvei menyatakan mengecek terlebih dahulu profil jaringan sosial mereka. Hampir 60 persen mengatakan mereka tidak akan mempekerjakan seorang kandidat jika menemukan impresi negatif di dalam profil media sosialnya. Lebih dari setengah (54 persen) responden mengatakan mereka mengetahui seseorang yang dipecat karena sesuatu yang di-post-kan di media sosial itu.

Kabar baik lainnya, survei ini juga mengukuhkan popularitas jariangan media sosial terus berkembang. Lebih dari setengah responden (56 persen) sepakat mengenai pentingnya bisnis dengan orang melalui saluran media sosial; 55 persen menggunakan media sosial untuk membuat hubungan bisnis baru.

Lebih dari 50 persen tamu Sheraton menggunakan Link@Sheraton selama mereka menginap. Facebook menjadi media sosial yang paling banyak dikunjungi, dengan 75 persen pengguna Link logging selama mereka menginap. Lebih dari 60 persen mengakui media sosial mempermudah bagi mereka untuk bertemu orang-orang tak perduli walaupun melakukan perjalanan untuk kerja.

Menariknya, 64 persen responden ini juga menyebut sosial media merupakan alat perencanaan perjalanan dan diantara kelompok partisipan berusia 25-34 tahun, jumlahnya lebih tinggi. (paip)

One thought on “Survei: Media Sosial Semakin Penting bagi Bisnis Pariwisata”

  1. Social Media Sudah tidak bisa lepas dari kehidupan masyarakat, terutama yang hidup di perkotaan. Seperti hasil Survey yang telah dilakukan, sudah saatnya bagi pebisnis Hotel untuk memanfaatkan Social Media sebagai PR mereka. Buatlah suatu divisi baru yang khusus mengelola Social media tersebut.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s