Promosi Pariwisata Butuh Kejujuran dan Respek terhadap Tema Kampanye


JAKARTA- Kampanye promosi pariwisata sangat dipengaruhi kejujuran dan respek pejabat dan masyarakat negara itu  terhadap tema promosi yang dipilih. Salah satu contohnya India yang mengambil taqline “Incredible India”, justru dinilai sejumlah kalangan telah gagal karena India justru tidak menghormati prinsip-prinsip incredible itu.

Seperti dikutip tourism-review.com, November ini, India justru telah menunjukkan tidak incredible, karena pada saat kampanye itu gencar dilakukan sikap India terhadap pariwisata justru tidak berubah.

“Infrastrukturnya tidak sesuai dengan ambisi itu. Begitu tiba di Delhi, petugas imigrasi yang tidak ramah, para pengemudi taksi di luar bandara yang berebutan untuk mendapat  uang lebih, dan setelah di luar bandara kebanyakan pengemis dan kotoran membuat selera untuk melakukan petualangan di India menjadi tidak menarik,” tulisnya.

Semua ini, tidak menunjukkan respek terhadap wisatawan yang memberikan 65 persen pendapatan bagi India.

Dikatakan, tidak ada yang meragukan India sebagai tempat dengan percampuran budaya yang benar-benar menarik dan menakjubkan, termasuk fenomena alam yang ditawarkannya. Tapi, faktanya, penduduk setempat sangat tidak memberikan dukungan.

Sebuah kota peziarah kuno bernama Rishikesh menjadi symbol kekacauan itu. Alih-alih mempromosikan kota untuk pecinta yoga, meditasi dan metode pengobatan alternatif, masyarakat lokal lebih peduli untuk mendapatkan uang dari saku orang asing itu. Pengunjung bosan dengan pajak tambahan yang ditetapkan bagi orang wisatawan.

“India perlu melakukan perbaikan dalam perlakuan terhadap wisatawan sebelum  membuat kampanye besar-besaran yang sangat mahal biayanya.” (paip)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s