Bagaimana Daerah Memenangkan Event MICE (3)


Oleh Jones sirait
Pusat Analisis Informasi Pariwisata

Selain berupaya untuk menarik kegiatan MICE nasional, regional dan internasional ke daerah, upaya yang tidak kalah penting lain yang bisa ditempuh adalah dengan mengambil inisiatif dengan menciptakan event MICE sendiri, atau yang host-nya atau owner-nya adalah pemerintah daerah, tentunya dengan planner/organizer-nya bisa diserahkan kepada pihak ketiga (perusahaan PCO/PEO/EO) sesuai jenis dan skalanya.

Bagaimana potensi penggarapan dari sisi ini bagi daerah? Sangat bagus, tapi perlu kehati-hatian, karena semuanya terkait dengan anggaran penyelenggaraan, dan bagaimana transparansi dalam proses tender yang akan dibuat, termasuk bagaimana ukuran sukses atau gagalnya sebuah kegiatan yang dilakukan.

Pertanyaan yang sering muncul adalah bagaimana atau event apa saja yang bisa diciptakan oleh daerah untuk mendorong wisatawan (atau dalam konteks luas bisa jadi investor, pedagang dan lainnya)? Seperti telah beberapa kali disinggung, pemerintah daerah bisa menciptakan banyak event, tapi perlu dicatat, tidak semua event pula yang bisa menjanjikan banyak peserta atau pengunjung.

Beberapa waktu lalu berkembang gagasan agar satu daerah memiliki produk keunggulan komparatif dibandingkan dengan daerah lain, maka dalam konteks MICE, perlu dipikirkan bagaimana agar masing-masing daerah memiliki event MICE unggulan masing-masing (yang diciptakan sendiri oleh daerah dan sesuai dengan karakteristik daerah yang bersangkutan), sehingga nanti secara nasional kita memiliki puluhan event MICE yang prospektif untuk menggerakkan pariwisata kita. Katakanlah ada daerah yang terkenal dengan keunggulan maritim, maka daerah tersebut akan membuat kegiatan pertemuan terkait maritim, atau juga dalam bentuk pameran, fair, expo atau sebutan lainnya. Pergelaran event ini diselenggaran di daerah, berbeda dengan kegiatan pameran atau expo yang diselenggarakan suatu daerah di Jakarta, misalnya, dalam rangka promosi.

Di Jakarta, ada Jakarta Fair, yang sudah demikian lama dan terkenal secara nasional. Tradisi ini menjadi contoh yang baik yang sebenarnya beberapa daerah sudah mengikutinya, misalnya Medan Fair, di Sumatera Utara. Tinggal saja bagaimana daerah mengemasnya dengan baik, mengatur waktu penyelenggaraan yang tepat, termasuk persoalan pemasarannya agar event semacam ini tidak terkesan sebagai event paksaan terutama bagi para exibitor.

Jika diamati, salah satu halangan penting dalam penyelenggaraan event di daerah semacam ini adalah transaksi yang terkesan mengada-ada, dan sulitnya kerja sama khususnya dengan daerah di level lebih bawah, misalnya kabupaten/kota maupun lintas-sektor yang terlibat. Tapi kelak jika event ini sukses, dan diselenggarakan secara profesional, peserta akan datang dengan sendiri, karena memberikan dampak keuntungan langsung bagi mereka.

Itu dari sisi pameran (E). Dari sisi meeting (M) atau conference (C), banyak daerah yang belum mampu mengangkat potensi daerahnya melalui pengaturan kegiatan M dan C dengan baik. Di Sulawesi Selatan, misalnya, selain potensi maritim, potensi wisata khusus seperti ecotrourism (karst), flora-fauna khas, etnis dan sejarah/budaya, belum optimal dimanfaatkan. Salah satu kebekuan dalam urusan ini adalah kurangnya inisitif dari pemerintah daerah, misalnya, mendorong potensi masyarakat lokal untuk membentuk klub-klub khusus yang bisa diharapkan menjalin hubungan dengan klub-klub khusus nasional maupun internasional, untuk menarik pertemuan di Sulsel.

Dalam konteks ini, sekali lagi, inisiatif petinggi daerah harus muncul. Industri  MICE tidak akan maju tanpa ada upaya konkrit. Dia bukan sesuatu yang begitu saja turun dari langit.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s